Manajemen Pemasaran atau sering disebut
dengan Manajemen Permintaan
Manajemen
pemasaran adalah suatu analisis,perencanaan,implementasi,dan pengendalian dari
program-program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan
pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan
organisasi,oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai
manajemen permintaan.
Perbedaan Kebutuhan dengan Keinginan
Ø Kebutuhan
adalah sesuatu yang diperlukan oleh manusia sehingga dapat mencapai
kesejahteraan, sehingga bila ada diantara kebutuhan tersebut yang tidak
terpenuhi maka manusia akan merasa tidak sejahtera atau kurang sejahtera. Dapat
dikatakan bahwa kebutuhan adalah suatu hal yang harus ada, karena tanpa itu
hidup kita menjadi tidak sejahtera atau setidaknya kurang sejahtera.
Ø Keinginan
adalah sesuatu tambahan atas kebutuhan yang diharapkan dapat dipenuhi sehingga
manusia tersebut merasa lebih puas. Namun bila keinginan tidak terpenuhi maka
sesungguhnya kesejahteraannya tidak berkurang.
Perbedaan Pasar dan
Pemasaram
v Pasar
adalah tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau lebih jelasnya,
daerah, tempat, wilayah,area yang mengandung kekuatan permintaan dan penawaran
yang saling bertemu dan membentuk harga.
v Pemasaran
adalah proses perpindahan barang dan/atau jasa dari produsen kekonsumen atau
semua kegiatan yang berhubungan dengan arus barang dan/atau jasa dari produsen
ke konsumen.
Bauran Pemasaran
Bauran pemasaran atau marketing
mix adalah kumpulan dari variabel-variabel pemasaran yang dapat
dikendalikan yang digunakan oleh suatu badan usaha untuk mencapai tujuan
pemasaran dalam pasar sasaran. Dalam bukunya, Sofjan Assauri mendefinisikan
bauran pemasaran merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti
dari sistem pemasaran, variabel mana yang dapat dikendalikan oleh perusahaan
untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen. Jadi, bauran pemasaran
terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh
perusahaan untuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya.
Sumber: http://asrulfantri.blogspot.com/
http://daraadilasandy.wordpress.com/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar